Tuesday, February 1, 2011

My First Summit : Gunung Burangrang 2050 mdpl

Gunung Burangrang dari jalan Komando
Burangrang merupakan salah satu gunung yang berada di wilayah utara Bandung. Puncaknya berada pada ketinggian 2050 mdpl dengan hutan gunung yang cukup rapat. Weekend terakhir di bulan Januari 2011 kemarin saya habis kan dengan camping dan mendaki gunung ini bersama seorang sahabat saya.

Petualangan 1 malam 1 hari ini benar-benar menguji fisik dan mental saya yang notabene jarang (tidak pernah) berolahraga, namun itu tidak menyurutkan rasa penasaran saya untuk menggapai puncak Gunung Burangrang.

Saat itu waktu menunjukan pukul 07.30 malam ketika saya memulai perjalanan dengan berjalan kaki dari Parongpong melalui Jalan Komando, kurang lebih 2 jam dengan berjalan santai kami sampai di Pos Kopassus dan berhenti untuk meminta ijin masuk ke kawasan Gunung Burangrang.

Awalnya kami tidak di-ijinkan untuk melanjutkan perjalanan mungkin karena sudah malam, tetapi setelah bernegosiasi cukup lama dan menjelaskan bahwa malam ini kami tidak akan naik ke puncak tetapi camping terlebih dahulu di kaki gunung, akhirnya kami di beri ijin untuk memasuki Gunung Burangrang. Terimakasih Pak Komandan!

Tidak begitu jauh dari Pos Kopassus, kami menemukan hutan pinus dengan bukaan yang cukup landai, kami putuskan untuk membuka tenda dan bermalam di tempat tersebut.

City Light Bandung dari Pos Kopassus
Malam itu angin bertiup cukup kencang tetapi agak terhalang oleh sebuah punggungan bukit di belakang kami sehingga tidak terlalu kuat menerpa tenda kami, di temani segelas kopi hangat kami berbincang hingga terlelap tidur.

Ke esokan harinya kami bangun jam 5 pagi dan segera bersiap untuk naik ke puncak, setelah sarapan dan merapihkan tenda kami memulai pendakian ke puncak tepat pukul 06.00.

Kabut masih menyelimuti Kota Bandung
Merapihkan tenda
Awal pendakian cukup mudah melalui hutan yang rapat
Kabut pagi masih menyelimuti jalur pendakian, awal nya terasa mudah untuk dilalui tetapi seiring perjalanan trek licin yang menanjak dan menurun silih berganti menantang di hadapan kami. Satu per satu kami lalui dengan perlahan hingga tepat pukul 09.23, setelah 3 jam lebih menembus lebat nya hutan Gunung Burangrang kami berhasil sampai di puncak 2050 mdpl.

Trek menanjak
Situ Lembang dari salah satu puncak Burangrang
Tujuan kami
My buddy and i at 2050 asl

Kurang lebih satu jam kami beristirahat dan menikmati keindahan alam dari puncak Gunung Burangrang, kami kembali turun melalui jalan yang sama ketika naik. Perjalanan turun lebih cepat satu jam di banding naik tetapi sama berat nya dengan naik, telapak kaki terasa panas dan nyeri, alhamdulillah kami sampai kembali di Pos dan pulang dengan selamat.

Puncak bayangan dan Situ Lembang di kejauhan
Perjalanan turun
Beristirahat di gerbang Pos Kopassus sebelum pulang
Pengalaman mendaki Gunung Burangrang membuat saya ketagihan, Gunung Burangrang akan saya jadikan sebagai gunung pertama dari gunung-gunung lainnya yang akan saya daki di masa yang akan datang. Semoga.

1 comment:

1. terpesona dgn city light bandung nya...
    dtunggu petualangan berikut'y...ajak2 atuh..!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...