Wednesday, January 12, 2011

Jelajah Pantai Selatan Garut (1) : Gunung Geder, Manalusu, Cikandang, Karang Tepas


Wilayah selatan Garut merupakan dataran rendah yang memiliki garis pantai yang cukup panjang dan berbatasan dengan Samudera Indonesia. Wilayah ini menyimpan segudang keindahan alam yang sangat menakjubkan namun sebagian besar dari keindahan tersebut belum di ketahui banyak orang.

Kita mungkin sudah mengenal indah nya pantai di Pameungpeuk atau Rancabuaya yang saat ini menjadi primadona tujuan wisata di selatan Garut, tetapi apakah anda pernah mendengar mengenai Pantai Taman Manalusu, Karang Tepas atau Sodong Parat ? Saya yakin banyak dari anda masih asing dengan nama-nama tersebut, sebagian tempat-tempat tersebut memang masih tersembunyi di balik bukit atau ladang, jangan kan papan petunjuk, jalan setapak pun kadang sulit ditemukan.

Sudah lama saya ingin berbagi mengenai keindahan Pantai Selatan Garut, karena kebetulan daerah ini merupakan kampung halaman saya. Desember 2010 yang lalu saya berkesempatan untuk menjelajah kembali Pantai Selatan Garut dari mulai Cikelet di sebelah timur hingga Rancabuaya di sebelah barat. Ingin tahu lebih jauh mengenai Pantai Selatan Garut? Mari ikuti jejak dan arah petualangan saya.

Pantai Gunung Geder

Pemberhentian pertama saya adalah di Pantai Gunung Geder. Pesona di pantai ini adalah pasir putih dan lanscape pantai-nya yang lurus landai.

View dari saung
Jalan menuju bibir pantai

Sejumlah fasilitas sudah tersedia di tempat ini namun masih kosong dan sepi. Ketika memasuki bibir pantai nampak belum terawat dengan baik, banyak ranting yang terbawa ombak berserakan disana-sini mungkin akan lebih baik jika sampah ini dibersihkan.
Kesan yang saya rasakan untuk pantai ini adalah pantai yang asli seperti belum terjamah oleh manusia.

Ranting-ranting yang terbawa ombak
Pantai Gunung Geder

Pantai Taman Manalusu

Perjalanan saya lanjutkan ke arah barat melalui jalan raya lintas selatan menuju Pantai Taman Manalusu. Namanya terdengar asing tidak seperti nama-nama pantai lain di daerah Garut yang biasanya terdengar sunda, konon nama ini diambil dari nama Karl Manalusu Tambunan yang menemukan pantai ini dan membuatnya menjadi taman pantai.

View ke arah barat
Selain panorama alam nya, pantai ini memiliki bunga karang dan rumput laut yang tumbuh di sepanjang bibir pantai pada kedalaman tertentu sehingga di sebutlah sebagai taman pantai.

Tidak hanya bunga karang dan rumput laut saja, Pantai Taman Manalusu juga kaya dengan ikan hias. Ikan hias ini tidak perlu di cari jauh sampai ke tengah laut, ikan-ikan ini ada di sela-sela karang yang terhampar sepanjang pantai. Ikan-ikan ini terbawa gelombang pasang dan terjebak di karang-karang ketika air laut menyusut.

Hamparan batu dan karang
Bersih jernih
Ikan hias biasanya ada dalam sela-sela karang ini

Suasana di Pantai Taman Manalusu terasa sejuk karena banyak terdapat pepohonan yang rindang. Disini juga banyak rumah-rumah penduduk sehingga tidak terlalu sepi seperti di Pantai Gunung Geder.

Bermain bola di sisi pantai dan pohon rindang

Sungai Cikandang

Sungai Cikandang merupakan salah satu sungai yang cukup besar, saya melintasi nya dalam perjalanan menuju Karang Tepas dari Pantai Taman Manalusu. Sungai ini beberapa kali telah digunakan untuk ber-arung jeram, uniknya arung jeram Sungai Cikandang adalah kita bisa terus mengayuh hingga bibir pantai.

Jembatan Cikandang
View ke arah utara

Karang Tepas

Tujuan selanjutnya adalah Karang Tepas, tempat ini hanya bisa diakses melalui jalan setapak, saya beberapa kali bertanya kepada warga sekitar karena tidak ada petunjuk arah dari jalan utama.

Jalan menuju Karang Tepas

Karang Tepas sungguh menakjubkan, saya serasa sedang berada di depan geladak kapal yang sedang menerjang ombak. Tepas dalam bahasa sunda berarti teras depan rumah dan memang Karang Tepas seperti teras yang menghadap lautan lepas. Sebagian warga sekitar sering menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk memancing ikan.

View dari atas
View dari jalan masuk
View samping kiri 
View samping kanan
View belakang
View samping kiri belakang
Karang Tepas

... bersambung ke Jelajah Pantai Selatan Garut (2) ...

14 comments:

  1. Garut selatan emang menakjubkan....

    ReplyDelete
  2. alah jadi hayang balik euy !!!... inget keur di lembur........ susur pantai garsel...

    ReplyDelete
  3. rea di kota wae atuh da jd kurang ulin :)

    ReplyDelete
  4. kang upami bade kaditu teh jalan na kamana?singkatna kitu kang?ti pameungpeuk terus wae kitu?atau kamana?nuhun

    ReplyDelete
  5. jalan na raos ti pameungpeuk, arah na anu ka rancabuaya, tataros we pami tos di pameungpeuk, gampil da kantun lempeng. Objek anu di carioskeun dina catatan perjalanan ieu kalangkungan sadayana. Wilujeng traveling

    ReplyDelete
  6. ai ieu akang ngendong dimana? seueuer panginepan meureun nya diditu?
    kabita eum

    ReplyDelete
  7. penginepan seueur kang di rancabuaya na, bade camping oge tiasa, lingkungan na aman

    ReplyDelete
  8. Hallo Kang,

    waduh saya "telat" nemu thread kaskus dan blog ente ini... coba sebelum "perjalanan kecil" ane kemarin.

    Thank you atas info-nya, saya masih penasaran sama Garut Selatan, ini bisa jadi acuan, next trip saya deh. ^_^

    Mohon ijin copy link blog ente di blog ane ya Gan.... :)

    tararengkyuh

    (http://rpraseto.wordpress.com/2012/03/27/get-lost-around-100km-pantai-selatan-road/)

    ReplyDelete
  9. silahkan gan "office boy" semoga bermanfaat, makasih udah mampir :)

    ReplyDelete
  10. Hallo Kang,

    Gan, ane kan punya rencana liburan sekolah mau balik lagi ke pameungpeuk-cikelet.

    nah berdasarkan pengalaman ane kemarin, yg banyak miss spot2x pantai yg ente ceritain di thread & blog ente ini gan.... alias banyak kelewat... :(
    maka ane memberanikan diri utk nanyain....

    kira2x ancer2x utk lokasi2x pantai yg bisa ane jadiin patokan apa ya gan?

    misalnya berurutan dari pameungpeuk:

    1. santolo (ini sudah jelas :D)
    2. Gn Geder (ini ane jg jelas gan, ada gerbang yg terlihat jelas)
    3. Taman Manalusu --> ini ane kurang jelas gan... kemaren ane cuma nemu plang papan "Taman Manalusu" yg tergeletak di halaman rumah penduduk. kira2x ancer2x-nya apa ya gan?
    4. Karang Tepas. --> sama gan, ini malah gak tahu sama sekali. ancer2x-nya apa ya?
    5. Karang Sebrotan. --> idem dgn karang tepas?
    6. Sodong Parat. --> idem dgn karang tepas & karang sebrotan?
    7. Cicalobak. --> kalo yg ini ane tahu gan. :D :D

    nah... utk yg ini ente tahu gak gan?
    8. Pantai Cijayana. --> menurut web pemkab garut, pantai ini ada antara taman manalusu dan rancabuaya, tapi menurut web disparbud-jabar, ada diantara santolo dan cijeruk??? ane jadi binung?? hiks

    e-mail ane: boy.of.office@gmail.com

    sebelumnya ane menghaturkan tararengkyuh somat Gan. :)



    regards,
    ob

    ReplyDelete
  11. Punten baru sempet jawab, ok saya coba bantu ya, agak susah sih cari ancer-ancer nya karena ga ada papan petunjuk nya.

    Nomor 1, 2 udah cukup jelas ya.

    Untuk Taman Manalusu terakhir saya kesana papan nya ada, urutan nya kalo dari Pameungpeuk itu setelah Gunung Geder. Kalo terakhir agan liat papan nya di halaman rumah penduduk bisa ditanya disitu.

    Untuk Karang Tepas, Karang Sebrotan dan Sodong Parat itu lokasi nya berurutan cuma beda punggungan. Jadi kalo udah nemu Karang Tepas pasti Karang Sebrotan keliatan (di sebelah kanan Karang Tepas, agak jauh sih cuma keliatan), terus dari Karang Sebrotan kita bisa liat Sodong Parat. Untuk ancer-ancer nya, Karang Tepas, Karang Sebrotan dan Sodong Parat ada di antara Cijayana dan Cicalobak. Lokasi pastinya bisa agan tanya sama penduduk di sekitar Cijayana. Di pinggir jalan lintas aja nanyanya rata-rata penduduk sana pada tahu.

    Untuk Pantai Cijayana nya sendiri lokasi nya itu setelah Sungai Cikandang. jadi kalo patokan nya Santolo sama Cijeruk itu terlalu jauh, apalagi Manalusu - Rancabuaya itu lebih jauh lagi :). Mending agan tanya pas udah lewat Sungai Cikandang aja, ga jauh ko dari situ. Sebagai info aja jalan masuk ke Pantai Cijayana dari jalan lintas itu rusak banget, karena memang sudah jarang dikunjungi setelah jalan lintas ke Rancabuaya dibuka.

    Untuk Karang Tepas, Karang Sebrotan dan Sodong Parat ini agan harus jalan kaki dari jalan lintas. Mobil/motor diparkir dipinggir jalan lintas. waktu itu saya titipin di depan rumah penduduk. Biasanya mereka kaget kalo ada yang mau maen kesana karena memang gak lazim alias jarang pendatang yang tahu.

    Ok itu aja mungkin info nya, waktu itu saya lupa ga nge-mark pake GPS jadi lokasi presisinya saya ga ada. Intinya sih tanya aja sama penduduk setempat mereka tahu ko, tapi nanya nya jangan jauh-jauh, maksudnya kalo nanya Karang Tepas sama warga di daerah Santolo mungkin mereka ga akan tahu, tanya nya di deket2 sungai Cikandang aja atau di Cijayana.

    Siip, semoga membantu. Kabar-kabari aja kalo maen kesana siapa tahu saya lagi maen daerah sana juga

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip.... Mantab Gan!!!!


      Thank you so much. ^_^

      ob

      Delete
  12. Kang, kalo Karang Tepas dari Santolo atau Sayangheulang jauh ga? Saya ada rencana kesana insyaallah minggu depan, tapi masih bingung sama lokasinya. Hatur nuhun sateuacanna.. :)

    oh iya salam kenal, saya juga dari Garut, kang :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...